Pengikut

Minggu, 09 Oktober 2016

Mengenal Generasi Alpha


Pernahkah anda memperhatikan anak ataupun adik-adik anda saat ini yang masih kecil bahkan pada usia balita sudah sangat terbiasa menggunakan gadget ?

Yah, merekalah yang bisa kita sebut sebagai Generasi Alpha. Gen-A ini lahir mulai tahun 2010 jadi bisa dikatakan usia tertua generasi ini masih di usia 5-6 tahun. Gen-A memiliki orang tua yang sudah menguasai teknologi, oleh karena itu tidak heran jika generasi ini menjadi sangat akrab dengan teknologi informasi dan internet bahkan sejak usia dini.  

Menurut McCrindle "Generasi A tidak berpikir tentang teknologi sebagai alat, Mereka mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan mereka."

Mengapa disebut sebagai Generasi Alpha ? karena sebenarnya penamaan generasi sudah dimulai dari gen X, Y, Z dan dikarenakan huruf alphabet diakhiri dengan Z maka penamaan generasi kembali ke huruf A (Alpha) dan B (Beta).

Bagaimana karakter Generasi Alpha menurut para sosiolog?
  • Mewarisi kemewahan material dari Generasi X dan Y yaitu orang tua mereka
  • Berpendidikan tinggi
  • Hidup dibantu oleh gadget berteknologi tinggi.
  • Tidak mempunyai skill yang banyak dan tidak berminat untuk menambah skill atau kemaampuan yang dimiliki
  • Terobsesi dengan produk gadget terbaru (brand new) dan apabila sudah bosan akan membuangya dan digantikan dengan yang lebih baru lagi.
  • Diramalkan kebanyakan dari mereka mengalami berat badan yang berlebihan / obesitas akibat kurang bergerak dikarenakan hidup di dalam dunia teknologi yang semuanya berada di ujung jari tanpa perlu keluar dari rumah.
  • Kurangnya semangat bersosialiasi.
 
 Demikianlah ulasan saya mengenai generasi Alpha, semoga kita semakin bijak dalam membimbing anak - anak generasi Alpha agar kecanggihan teknologi tidak berdampak buruk pada tumbuh kembang mereka.
** baca juga dampak gadget pada perkembangan anak



Source :
https://www.selasar.com/kreatif/mengenal-generasi-alpha (diakses 9/10/2016 18.16)
http://khairulabdullah.com/generasi-alpha-generasi-selepas-xy-z/ (diakses 9/10/2016 18.30)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar