Pengikut

Sabtu, 15 Oktober 2016

Long Term and Short Term Memory




     Penyimpanan memori melibatkan tiga jenis memori dengan kerangka waktu yang berbeda yaitu memori sensori (memory sensory), memori jangka pendek (short-term memory atau working memory), dan memori jangka panjang (long-term memory).

Gambar 1 : proses penyimpanan memori

SENSORY MEMORY 

     Sensory storage atau disebut juga sensory memory menerima semua informasi dari pancaindra dan menyimpan semua informasi tersebut dalam waktu yang sangat singkat. Kapasitas Sensory memory sangatlah terbatas, Sehingga informasi yang disimpan dalam sensory memory dan tidak mengalami pemrosesan lebih jauh akan segera menghilang. 

Ada 2 hal yang mempengaruhi informasi  disimpan dalam Sensory memory :
  Pertama, bila ingin mempertahankan informasi lebih lama orang harus memberikan perhatian. 
  Kedua, untuk membawa semua informasi ke dalam kesadaran dalam satu waktu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Artinya, jika terlalu banyak informasi yang diberikan dalam satu waktu, maka akan lebih sulit untuk menerima informasi tersebut.




SHORT-TERM MEMORY

     Informasi yang disimpan oleh Sensory memory lalu akan ditransfer ke penyimpanan selanjutnya yaitu short-term memory atau biasa disebut juga working memory. 

Ada dua ciri penting yang dimiliki short-term memory, yaitu :
1)  Menyaring informasi yang masuk
2)  Kapasitas dan durasinya yang terbatas, karena tanpa rehearsal informasi hanya dapat dipertahankan sekitar 10 hingga 20 detik pada orang dewasa.
**  Oleh karena itu agar informasi dapat bertahan lama dalam memori, maka ia harus dimasukkan ke dalam long-term memory.

    Berhubungan dengan memori jangka pendek, psikologi asal inggris, Alan Baddeley mengemukakan bahwa Working memory adalah sistem tiga bagian yang secara temporer menyimpan informasi ketika orang-orang mengerjakan tugas. Working memory adalah sejenis “meja kerja pikiran” di mana informasi dimanipulasi dan dikumpulkan untuk membantu kita membuat keputusan menyelesaikan masalah, serta memahami bahasa tulis dan lisan. Dalam model working memory Baddeley, working memory seperti meja kerja pikiran tempat berlangsungnya banyak pemerosesan informasi. 

LONG-TERM MEMORY 

     Long-term memory adalah tempat penyimpanan memory dalam jangka waktu yang lama. Mengenai kapasitas long-term memory terdapat 2 asumsi :
Pertama, menyatakan bahwa kapasitas Long term memory adalah tidak terbatas. 
Kedua, berkeyakinan bahwa informasi mengenai objek disimpan dengan cara terpisah-pisah 

Jenis-jenis Long-term memory  :
Pakar teori pemerosesan informasi membagi Long-term memory ke dalam tiga bagian, yaitu:
1. Episodic Memory adalah memori tentang pengalamn personal, sebuah gambaran mental tentang hal-hal yang kita lihat atau kita dengar.
2. Semantic Memory berisi fakta-fakta dan informasi umum tentang apa yang kita ketaghui, baik itu konsep, prinsip, atau aturan-aturan dan bagaimana menggunakannya serta keterampilan dan strategi belajar yang digunakan.
3. Procedural Memory menunjukan pada “knowing how”, berdasarkan kemampuan, keterampilan.


“ Ketiga jenis memory tersebut memiliki kerangka waktu yang berbeda, yaitu Sensory memory (yang berlangsung selama hitungan detik sampai beberapa detik), Short-term memory (berlangsung selama kurang lebih 30 detik), dan Long-term memory (berlangsung sampai seumur hidup). “


Sources:
Priyanto, Ida Fajar. 2016.  Memory, Cognition, and Disruptive Technology, Materi Kuliah Isu-isu Kontemporer Informasi Sesi 6. Yogyakarta: Minat Studi Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM 
Dr. Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, cet ke-2 (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014)
https://www.academia.edu/9836712/psikologi_tentang_memori (diakses 15/10/2016 14.15)

1 komentar:

  1. Play Real Money Slots Online by Real Money - CURAsia
    Play genuine Vegas casino slot machines at CURAsia today! Real Money Slots | Play Best Real Money Slots Online youtube mp4 For Free (No Download)

    BalasHapus