Pengikut

Kamis, 13 Oktober 2016

We are Generasi C

Apakah anda merasa mati kutu jika tidak terkoneksi dengan internet ? Apakah anda menjadi sangat tergantung dengan gadget ?

gambar 1 : Meme mengenai ketergantungan kita pada internet
Jika YA, Selamat maka anda dan saya adalah salah satu yang termasuk dalam Generasi C. 

GENERASI C
    Pengelompokan generasi ini tidak dipengaruhi oleh usia maupun angkatan kelahiran, melainkan sebutan generasi baru yang dibentuk oleh generasi digital (native digital)
       Generasi C juga bisa meruju pada connected, comunicating, collaborating, computerized. Yang artinya generasi ini selalu berusaha untuk terkoneksi dengan internet, saling berkomunikasi dan berkolaborasi melalui dunia maya, dan tentu saja sudah terbiasa menggunakan computer dalam kehidupan sehari-hari.


Menurut Dr. Ida Fajar Priyanto, Ph.D karakteristic generasi C adalah :
  • Hyper connected -> merasa harus selalu terkoneksi atau berhubungan dengan orang lain melalui internet.
  • Constantly researching for information -> selalu mencoba untuk update dan mencari informasisecara online
  • Information overload and short attention spans -> karena selalu terkoneksi dengan orang lain melalui internet, sehingga menerima informasi yang sangat banyak dalam waktu singkat membuat seseorang menjadi susah fokus pada hal - hal disekitarnya
  • Distrust of brand messages and traditional advertising -> mulai tidak membaca pesan iklan maupun iklan tradisional
  • Influenced by peer reviews and key influencers -> siapa yang memberi informasi mempengaruhi kita untuk membaca dan mempercayai informasi itu atau tidak.
  • Part of a community/tribe -> menjadi bagian dalam komunitas - komunitas. #ex, bergabung dalam kaskuser, facebooker
  • Like to share -> merasa harus share informasi yang dirasa penting/perlu untuk diketahui banyak orang, hal ini juga cenderung mengakibatkan overshare informasi karena informasi yang dishare berulang kali bisa diterima oleh orang yang sama lebih dari sekali. #ex, share informasi di facebook tentang gosip artis terbaru, dan dishare lagi oleh teman kita hingga seterusnya.
  • High expectations -> memiliki ekspektasi yang tinggi agar postingan banyak direspon. #ex, Berlomba - lomba membuat foto yang instagramable agar banyak mendapat like
  • They are in control and they know it -> mereka sadar jika selalu dikontrol oleh orang lain. #ex, mereka secara sengaja dan sadar tahu bahwa teman - teman mereka di media sosial akan mengetahui dimana dan apa yang sedang dilakukan melalui postingan - postingannya.
  • Intelligent and make informed decisions based on the value of online content and the online customer experience -> membuat keputusan berdasarkan informasi online dan pengalaman pelanggan online. 
  • Narcissistic -> Gen-C cenderung narsis walaupun tidak semuanya begitu 

Bagaimana apakah karakteristik diatas sudah mewakili anda semua sebagai Generasi C ??



Source :

Priyanto, Ida Fajar. 2016.  Memory, Cognition, and Disruptive Technology, Materi Kuliah Isu-isu Kontemporer Informasi Sesi 5. Yogyakarta: Minat Studi Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar